Beberapa Ucapan Selamat Hari Raya dalam bahasa Inggris dan Arab serta Budayanya

 Hallo peeps.

Tidak terasa ramadhan di tahun 2023 ini sudah berakhir, ya. Selamat menyambut hari yang penuh kemenangan ini, mohon maaf atas segala kesalahan dalam ucapan, perbuatan ataupun penulisan. Semoga segala amalan kita diterima oleh Allah SWT dan kita dipertemukan kembali dengan Ramadhan selanjutnya. Aamiin.


Nah teman-teman, kayaknya seru ya kalau kita hafal macam-macam ucapan selamat hari raya dalam beberapa bahasa, salah satunya dalam bahasa Inggris dan Arab. Oleh karena itu, yuk kita sama-sama pelajari. 

Ungkapan selamat hari raya dalam bahasa Inggris

1. Eid Mubarak to you and your family

“Selamat hari raya untukmu dan keluargamu”

2. Happy eid Mubarak, hope we see ramadhan again next year

“Selamat hari raya, semoga kita bertemu ramadhan lagi di tahun depan”

3. May Allah SWT accept our pasts and prayers. Wish you a very happy eid Mubarak.

“Semoga Allah SWT menerima puasa dan doa kita, selamat hari raya idul Fitri”

4. Happy eid Mubarak. Let us forget our mistake in the past with all the forgiveness

“Selamat hari raya idul Fitri, mari kita melupakan kesala6di masa lalu dengan saling memaafkan”

Ungkapan selamat hari raya dalam bahasa Arab

1. عِيْدُ الْفِطْرِ الْمُبَارَك. أَعَادَهُ اللّٰهُ عَلَيْنَا وَ عَلَيْكُمْ بِالْيُمَنِ وَ الْبَرَكَاتِ.

“Selamat hari raya idul Fitri. Semoga Allah SWT memberi kesempatan kepada kami dan kalian semua untuk merayakan idul Fitri dengan kebaikan dan keberkahan.”

2. أُهَنِّئُكُمْ بِقُدُوْمِ عِيْدِ الفِطْرِ السَّعِيْدِ. تَقَبَّلَ اللّٰهُ مِنَّا وَ مِنْكُمْ صَالِحَ الأَعْمَالِ.

“Saya ucapkan selamat atas datangnya hari raya idul Fitri. Semoga Allah SWT menerima amal shaleh kita”

3. بِمُنَاسَبَةِ حُلُوْلِ عِيْدِ الفِطْرِ المُبَارَكِ، أُقَدِّمُ لَكُمْ أَخْلَصَ التَّهَانِيْ وَأَطْيَبَ الأَمَانِيْ

Pada kesempatan idul Fitri yang penuh berkah, saya mengucapkan selamat yang tulus dan harapan terbaik”

4. أَسْعَدَ اللّٰهُ أَيَّامَكُمْ وَ جَمَعَنَا وَ إِيَّاكُمْ عَلَى خَيْرٍ. عِيْدُ فِطْرٍ سَعِيْدٌ

“Semoga Allah SWT membuat hari-hari kalian bahagia, dan mengumpulkan kita dalam kebaikan. Selamat hari raya idul Fitri.”

5. مَعَ كُلِّ الحُبِّ  البَرَكَاتِ وَ السَّلَام فِي هٰذَا اليَوْمِ المَجِيْدِ. عِيْدُ فِطْرٍ سَعِيْدٍ

"Dengan sepenuh cinta, keberkahan dan kedamaian di hari yang mulia ini, selamat hari raya idul Fitri.”

Nah itulah beberapa ungkapan selamat hari raya dalam bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kalian biasanya pakai ungkapan yang mana nih? Kalau ada yang punya ungkapan lain boleh share di kolom komentar yaa.

Dalam belajar bahasa itu, alangkah baiknya kita juga mempelajari budayanya, karena keduanya sangat berkaitan erat. Selain berbeda dalam pengucapan, negara-negara Arab dan Inggris juga ternyata memiliki tradisinya masing-masing dalam menyambut hari raya Idul Fitri ini. Gimana ya kira-kira?

Tradisi Lebaran di Negara-negara Inggris

Salah satunya di London, perayaan Idul Fitri dilaksanakan dengan meriah. Dikutip dari situs merdeka.com, perayaan Idul Fitri atau Celebrating Eid Festival yang dilaksanakan setahun sekali ini dilaksanakan di tengah alun-alun kota serta menjadi ajang berkumpulnya kaum muslim dari Indonesia yang sedang berada disana. Tradisi lainnya yaitu menyediakan banyak jenis kuliner halal dari berbagai negara. Banyak warga yang menjajakan makanan di hari raya ini.

Sedangkan di Inggris sendiri, terdapat tradisi yang cukup unik di hari lebaran yaitu para pria memotong rambutnya hingga terlihat rapi. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan mereka menyambut hari kemenangan. Selain itu, seperti halnya di Indonesia, tradisi ziarah dan silaturahmi ke rumah-rumah juga turut dilakukan di negara tersebut.

Tradisi Lebaran di Negara-negara Arab

Di negara Arab Saudi contohnya, perayaan Idul Fitri sangat identik dengan pertunjukan seni. Seperti pertunjukan tarian Al-Deheyeh dan tarian Ardah yang merupakan sebuah tarian rakyat seringkali dilaksanakan di hari lebaran. Sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim, Idul Fitri merupakan moment besar yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Warga disana seringkali mempersiapkan rumah mereka dengan mendekorasi serta membersihkan rumahnya untuk menerima tamu. Mereka mengenakan gamis khas timur tengah kemudian melaksanakan salat Id. Seusai salat Id, mereka akan saling menyapa dengan mengatakan “Kullu ‘Aam wa antum bi khayr.” Ungkapan tersebut lah yang juga sering dipakai di Indonesia sebagai bentuk doa di hari raya. Warga Arab Saudi juga biasa melakukan kumpul keluarga besar setelah salat Id lalu makan pagi dengan makanan yang mewah, tradisi ini dikenal dengan Fatur Idul Fitri.

Di bagian timur Arab Saudi, kaum wanita merayakan Idul Fitri dengan ciri khasnya yaitu menghiasi tangan dengan Henna dan mengenakan gaun terbaik mereka.

Nah itulah beberapa tradisi di negara-negara Inggris dan Arab. Ternyata ada beberapa kesamaan dengan tradisi di Indonesia, ya. Intinya kita harus saling menghargai budaya masing-masing dan diusahakan untuk mengenal sedikit demi sedikit budaya mereka terlebih kita sebagai pembelajar bahasa keduanya. Karena mempelajari budaya juga merupakan bagian dari mempelajari bahasa.

Minal ‘Aidin Wal Faizin, May Allah SWT accept our pasts and prayers.

Salam Bahasa 💙

Author & Editor: Sulis Yutrisna (Departemen Kominfo)

Post a Comment

0 Comments