Iftar Language Development (ILADE) 2023 - LPB Hangout 2

Lembaga Pembinaan Bahasa UIN Bandung mengadakan kegiatan LPB Hangout yang merupakan salah satu kegiatan rutinan UKM LPB. LPB Hangout kali ini diisi dengan kajian keislaman, doa khatam Al-Qur’an sekaligus buka puasa bersama. Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan baru yang dinamakan dengan ILADE (Iftar Language Development).

Dokumentasi ILADE 2023

Dalam rangka mempererat tali silaturahim dan untuk menghidupkan suasana kekeluargaan LPB, Ilade 2023 ini dihadiri oleh anggota, pengurus, demisioner serta alumni dari UKM LPB itu sendiri. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu (09/05/2023) yang bertempat di Gazebo kampus 2 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tema yang diangkat dalam Iftar Language Development ini yaitu “Establishing a good relationship with family and friends in Ramadhanرمضان شهر توطيد اعلاقة مع العائْلة و الاصدقاء   

Pembina LPB, Ust. Husnul Khoir Pulungan, M.Ag serta Dr. Zuli Umri Siregar, M.Pd turut menghadiri kegiatan Ilade ini sekaligus mengisi kajian yang dilakukan sebelum doa khatam Al-Qur’an.

Ust. Zuli Umri sebagai pembuka sambutan dan kajian menyampaikan bahwa seorang muslim hendaknya memanfaatkan bulan Ramadhan sebagai bulan yang penuh berkah ini. “jangan kalian menurunkan level bulan Ramadhan ini menjadi bulan suci, sesungguhnya bulan Ramadhan ini lebih dari bulan suci melainkan bulan yang penuh dengan barakah. Oleh karenanya, manfaatkan bulan ini untuk meningkatkan kualitas ibadah kita dari bulan-bulan sebelumnya,” ujarnya.

Dr. Zuli Umri Siregar, M.Pd

Ust. Husnul selaku salah satu pembina pun menambahkan nasihat-nasihat dan beberapa motivasi khususnya motivasi untuk terus mempelajari bahasa kepada seluruh anggota yang hadir pada kegiatan tersebut. Beliau menyampaikan bahwa sebagai seorang mahasiswa kita dituntut untuk mempunyai kemampuan berbahasa, tidak hanya bahasa Inggris saja tetapi juga bahasa Arab yng kebetulan keduanya merupakan fokus pengajaran di LPB.

Ust. Husnul Khoir Pulungan, M.Ag.

Usai penyampaian kajian keislaman, dilanjutkan dengan agenda selanjutnya yaitu doa khatam Al-Qur’an yang dipimpin langsung oleh Ust. Zully Umri. Harapannya, dengan diadakannya khataman Al-Qur’an dan doa ini menjadikan anggota LPB tidak hanya fokus pada kegiatan belajarnya saja, tetapi juga meningkatkan kualitas di bidang keagamaan.

Selain adanya kajian dan doa, diadakan juga kegiatan yang menjadi salah satu keseruan dari Ilade ini yaitu sharing session dari para alumni LPB yang hadir pada kegiatan tersebut. Hal ini bertujuan agar bisa menciptakan hubungan yang lebih baik antar anggota dengan alumni serta lebih saling mengenal satu sama lain.Sebagai penutup kegiatan, LPB kemudian melaksanakan buka puasa bersama yang tentunya menambah keseruan dan kesan menarik.

Semoga dengan diadakannya LPB Hangout ini tidak hanya memupuk rasa kekeluargaan tetapi juga menambah pengetahuan serta motivasi untuk melaksanakan segala apa yang diamanatkan oleh para pembina.

Salam Bahasa!

Author: Sulis Yutrisna (Departemen Kominfo)

Post a Comment

0 Comments