Art and Language Festival 2019 (Pemilihan Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019)

Pemenang Duta Bahasa UIN Bandung 2019

Pemilihan Duta Bahasa UIN Bandung merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh UKM Lembaga Pembinaan Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Pada tahun ini, pemilihan Duta Bahasa diawali dengan karantina yang bertempat di Ruang Seminar Perpustakaan lantai 1 pada Sabtu (19/10/2019) lalu. Pada saat itu para peserta diberi pembekalan materi mengenai ke-LPBan yang dipaparkan oleh Ust. Zulli Umri Siregar, M.Ag. Materi kebahasaan yang dipaparkan oleh Mohammad Robby Rodhiya, serta materi kedutabahasaan yang dipaparkan oleh Devi Mulya Nengsih selaku Duta Bahasa tahun 2017. Kegiatan Karantina Peserta Duta Bahasa 2019 ini diakhiri oleh pelaksanaan interview yang harus dilalui oleh para peserta. Adapun, setelah melalui tahapan interview ini, para pendaftar yang berjumlah 31 orang akan disaring menjadi 20 orang terbaik yang akan menjadi finalis dan melanjutkan perjuangan di tahapan selanjutnya.

Karantina Duta Bahasa UIN Bandung 2019

Adapun tahapan kedua yaitu Malam Bakat finalis Duta Bahasa 2019 yang dilaksanakan pada Rabu (23/10/2019) lalu yang bertempat di Teras Sunda, Cibiru, Bandung. Tahapan ini merupakan tahapan yang harus dilalui oleh para peserta setelah sebelumnya menjalani rangkaian karantina pada (19/10/2019) lalu dan dinyatakan sebagai finalis Duta Bahasa 2019. Pada Malam Bakat finalis Duta Bahasa 2019 ini, para peserta melakukan unjuk kemampuan yang dimiliki. Mulai dari storytelling dalam bahasa arab maupun bahasa inggris, menyanyi, menari, dan berbagai penampilan luar biasa lainnya. 
Malam Bakat Duta Bahasa UIN Bandung 2019

Malam Bakat Duta Bahasa UIN Bandung 2019


Malam Bakat Duta Bahasa UIN Bandung 2019


Malam Bakat Duta Bahasa UIN Bandung 2019

Rangkaian akhir acara berlangsung pada Rabu (30/10/2019) lalu. Grand final Pemilihan Duta Bahasa UIN Bandung 2019 diselenggarakan sebagai rangkaian acara terakhir dalam Art and Language Festival 2019. Acara ini digelar di Aula Kecamatan Cibiru, Bandung. Pada malam Grand Final ini para finalis memaparkan visi, misi, serta program kerja yang akan finalis jalankan apabila terpilih menjadi Duta Bahasa UIN Bandung 2019. Setelah memaparkan visi, misi, serta program kerja para finalis disaring kembali menjadi 10 besar dan diberi pertanyaan seputar uji wawasan dan uji padanan kata sebagai salah satu kriteria penilaian.

Grand Final Bakat Duta Bahasa UIN Bandung 2019

Saat yang dinanti-nanti pun tiba, terpilihlah Duta Bahasa UIN Bandung 2019 yaitu Thio Ashiddiqie yang berasal dari Jurusan Hukum Keluarga dan Nenden Servia yang berasal dari Jurusan KPI. Disamping itu terpilih pula Duta Bahasa Berbakat, yaitu M. Fahmi Reksa dari Jurusan Hukum Keluarga dan Riqqah Nurwidhah dari Jurusan Humas. Juga terpilihlah Duta Bahasa Favorit yaitu Rivaldy Abdillah dari Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris dan Saida Husna Aziza dari jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Pemenang Duta Bahasa UIN Bandung 2019


Duta Bahasa Berbakat UIN Bandung 2019


Duta Bahasa Favorit UIN Bandung 2019

“Bagi yang terpilih untuk mengemban amanah sebagai Duta Bahasa UIN Bandung 2019, saya harap teman-teman bukan hanya menjadi icon sebagai ‘Duta Bahasa’, akan tetapi teman-teman dapat menjadi pelopor penggerak bidang kebahasaan di UIN Sunan Gunung Djati Bandung”, Ujar Fajri Nursidiq selaku ketua OC Art and Language Festival 2019.

Kami ucapkan selamat atas terpilihnya Duta Bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2019.

Salam Bahasa!

Post a Comment

0 Comments