PREPARE YOURSELF FOR ALF 2023!

Dokumentasi kegiatan Opening Ceremony ALF 2022

    UKM Lembaga Pembinaan Bahasa (LPB) UIN Sunan Gunung Djati Bandung akan kembali menghadirkan ajang kompetisi kebahasaan yang sudah menjadi event tahunan di LPB. Kegiatan Art and Langunge Festival (ALF) merupakan kegiatan yang menggelar perlombaan dalam bidang kebahasaan yaitu bahasa Inggris dan bahasa Arab antar universitas se-Indonesia. Tema kegiatan yang diangkat pada tahun ini adalah “Run to Golden You by Language” yang mana melalui tema ini diharapkan bahwa bahasa tidak hanya sebagai alat komunikasi melainkan kunci menuju pengembangan diri yang lebih baik dan memungkinkan mahasiswa untuk mencapai puncak potensinya. Sebagai penyelenggara, kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung tentunya menjadi tuan rumah untuk acara ini.

    ALF 2023 mengadakan beberapa rangkaian lomba yang bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa di Indonesia. Lomba tersebut dibagi menjadi 2 cabang yaitu cabang bahasa Inggris terdiri dari debate, speech, news reading dan poem, dan cabang lomba bahasa Arab terdiri dari munadzoroh, khitobah, qira’atul akhbar dan syi’ir.

    Menariknya, dalam kegiatan ALF ini tidak hanya menggelar perlombaan kebahasaan, tetapi juga mengadakan pemilihan duta bahasa UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sesuai dengam namanya, pemilihan duta bahasa ini diperuntukkan bagi mahasiswa UIN Bandung dari seluruh fakultas dan jurusan. Mahasiswa yang terpilih akan dinobatkan sebagai duta bahasa yang akan memiliki peran penting dalam dunia kebahasaan di kampus UIN Bandung. Pemilihan duta bahasa ini merupakan salah satu bentuk kontribusi positif UKM LPB terhadap kemajuan kampus terutama dalam bidang kebahasaan dan kebudayaan.

    Pendaftaran perlombaan maupun duta bahasa bisa dilakukan secara online melalui link pendaftaran yang telah disediakan ataupun datang langsung ke stand ALF yang berada di kampus 1 dan 2 UIN Bandung. Di stand ini mahasiswa juga bisa menanyakan informasi lebih banyak mengenai ALF 2023. Ini menjadi kesempatan bagi setiap mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam kebahasaan untuk berpartisipasi dan mengembangkan kemampuannya melalui kompetisi tingkat nasional.

    Sebagai bentuk penghargaan, ALF 2023 ini tentunya menyediakan beberapa macam hadiah untuk para pemenang. Para juara akan mendapatkan uang pembinaan, trophy serta sertifikat sebagai penghargaan atas prestasi yang telah dicapai.

Trophy pemenang lomba

    Acara yang sangat menarik sekaligus menantang bukan? Ayo, siapkan dirimu untuk menjadi pemenang dalam Art and Language Festival tahun ini! Jangan lewatkan kesempatan ini untuk mengasah kemampuan dan mengeksplor pengalaman kamu. Kamu bisa terus pantau akun instagram resmi ALF dan LPB untuk update lomba dan informasi lain seputar ALF, atau Klik Disini untuk informasi pendaftaran dan petunjuk teknis.

Sampai jumpa di ALF 2023, Salam Bahasa!

Author: Sulis Yutrisna (Departemen Kominfo)

Post a Comment

0 Comments