STUDI KOMPARATIF LPB & SES TELKOM UNIVERSITY

UKM Lembaga Pembinaan Bahasa (LPB) UIN Sunan Gunung Djati mengadakan studi komparatif dengan Student English Society (SES) Telkom University pada Sabtu, 17/06/2023. Studi komparatif ini diadakan secara online melalui media zoom meeting dengan mengusung tema “Unlocking new track to gather knowledge, insight, and relation for the bright future of the organization through language development.” Meskipun studi komparatif ini dilaksanakan secara online, tetapi tidak mengurangi semangat kolaborasi dan eksplorasi bahasa antar kedua UKM tersebut.

Dokumentasi Studi Komparatif 2023

Acara ini dihadiri oleh para pengurus UKM LPB Kabinet Acciora dan pengurus SES Telkom University, serta ustadz Husnul Khair Pulungan M.Ag. selaku pembina UKM LPB yang juga turut hadir pada acara tersebut. Dimulai dengan pembukaan acara, pada sesi ini diisi dengan pemberian sambutan dari pembina UKM LPB. Selain itu, ketua umum LPB, Fitri Kharismatika dan presiden SES, Haikal, juga turut memberikan sambutan serta menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terlaksananya studi komparatif ini. Keduanya juga menyampaikan harapan dari dilaksanakannya kolaborasi antar kedua UKM ini dapat saling memberi manfaat untuk meningkatkan kualitas kebahasaan dan keorganisasian.

Setelah sesi pembukaan, dilanjutkan dengan sesi games dari masing-masing UKM. Games yang diberikan yaitu games tebak kata yang tentunya selain bertujuan untuk menghibur, games ini juga bertujuan untuk melatih kefokusan dan ketajaman berpikir dalam bidang bahasa Inggris. Kedua games ini dipandu oleh perwakilan dari masing-masing UKM. Semua peserta tampak antusias dan berlomba untuk memenangkan games tersebut.

Acara inti pada studi komparatif ini yaitu Focus Grup Discussion (FGD). FGD ini merupakan sesi pengenalan dan diskusi antar departemen yang ada di LPB dengan departemen/bidang yang ada di SES. Para peserta dibagi menjadi 5 kelompok kecil yaitu 1 kelompok Ex-Officio dan 4 departemen. Peserta diberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman, pandangan dan pengetahuan mereka dalam masing-masing bidang yang mereka fokuskan. Sesi ini menjadi wadah bagi semua pengurus UKM untuk berdiskusi secara mendalam mengenai topik-topik menarik untuk meningkatkan kinerja mereka dalam mengelola organisasi. Diskusi yang hidup dan interaktif ini menciptakan suasana yang kolaboratif dan saling memberikan inspirasi.

Setelah para peserta mendapatkan insight baru dari serangkaian diskusi yang mereka lakukan, acara dilanjutkan pada bagian akhir yaitu penutupan. Semua peserta kembali pada room utama untuk mengikuti penutupan yang diisi dengan pemberian cinderamata dan sertifikat dari UKM LPB kepada SES, begitupun sebaliknya. Pemberian sertifikat ini sebagai simbol ucapan terima kasih atas kontribusi yang diberikan kedua UKM dalam studi komparatif ini. Terakhir, dilanjut dengan pembacaan doa oleh salah satu peserta dari UKM LPB. Semua peserta mengikuti pembacaan doa dengan penuh khidmat sebelum acara berakhir dan room meeting ditutup.



Penyerahan cinderamata dan sertifikat

Harapannya, semoga studi komparatif ini menjadi wadah untuk meningkatkan kerjasama antar UKM LPB dengan SES yang bisa terus berlanjut untuk terus saling memberikan pengalaman dalam meningkatkan pemahaman kebahasaan dan keorganisasian.

Salam Bahasa!

Author: Sulis Yutrisna (Departemen Kominfo) 

Post a Comment

0 Comments