YEAY, LANGUAGE ROUTINE ACTIVITIES IN LPB HAVE BEGUN, COME AND JOIN!

    Libur panjang perkuliahan di UIN Bandung selama kurang lebihnya 2 bulan membuat kegiatan-kegiatan organisasi termasuk UKM LPB yang bersifat rutinan turut dijeda terlebih dahulu, dikarenakan sebagain besar mahasiswa menghabiskan waktu libur di rumahnya masing-masing. Selain itu, persiapan pergantian kepengurusan dari kepengurusan lama menuju kepengurusan baru juga menjadi salah satu faktor terjedanya kegiatan untuk sementara.

    Pada Minggu, (12/03/2023) UKM LPB kembali menggelar sebuah agenda yaitu Pembukaan Kegiatan Rutin LPB khususnya pada periode kepengurusan baru yaitu kepengurusan kabinet Acciora. Kegiatan ini dihadiri oleh Ustadz Husnul Khair Pulungan, M.Ag. selaku pembina, pengurus LPB Kabinet Acciora, dan anggota LPB.


Dokumentasi pembukaan dan sosialisasi kegiatan rutin LPB

    Dengan bertempat di Aula Student Center lantai 4, agenda yang bertemakan “Knowledge of languages is the doorway to wisdom” ini menghadirkan dua orang alumni LPB yang sekaligus menjadi pemateri. Keduanya yaitu Fajri Nursidiq, S.Hum, membawakan materi The benefits of having foreign language skill, dan Farkhan Umarudi, dengan memaparkan materi How to get ready for joining language competition.

    Pada kesempatan tersebut, kedua pemateri sama-sama memaparkan bahwa mempunyai pengetahuan di bidang bahasa itu merupakan modal penting untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang.

  “Mempunyai kemampuan berbahasa itu banyak sekali benefitnya, diantaranya menghambat kepikunan, menjadikan otak lebih cerdas, meunjang pendidikan dan karir, dan masih banyak benefit-benefit lainnya. Maka dari itu tanyakan pada diri sendiri sudah sampai mana ikhtiar kalian dalam berusaha meningkatkan kemampuan berbahasa, dan untuk menunjang persiapan tersebut maka ikutilah program-program LPB.” Tutur Kak Fajri pada pemaparan materi pertama.

   Selain itu, pemateri juga menjelaskan bahwa LPB bukan lembaga kursus melainkan sebuah organisasi kebahasaan. LPB ini sebagai fasilitator yang dimana di dalam organisasi ini semua saling bertukar pengetahuan baik anggota, pengurus dan semua elemen didalamnya.

    Setelah selesai kegiatan pembukaan dilanjut dengan agenda sosialisasi kegiatan rutinan LPB yang disampaikan oleh Milla Amanatus Sajidah selaku ketua departemen kebahasaan. Beliau memaparkan jadwal-jadwal kegiatan rutin LPB yang akan dihadirkan. Besar harapannya kepada seluruh anggota dan pengurus untuk memanfaatkan kesempatan pembelajaran ini dengan sebaik mungkin.Yuk, catat kegiatan-kegiatan pentingnya berikut ini.

Pengembangan Minat dan Bakat (PEMIKAT)

    Adalah kegiatan pengembangan dan pelatihan skill kebahasaan. Pemikat ini difokuskan pada dua bahasa yaitu bahasa Arab dan Inggris dengan beberapa cabang peminatan. Dalam Pemikat ini anggota LPB bebas memilih cabang apa yang akan dipelajari. Berikut cabang peminatan kebahasaan yang disediakan beserta jadwal pembelajarannya.

Jadwal Pelaksanaan PEMIKAT

Weekly Meeting (WM)

    Weekly Meeting ini adalah kelas pembelajaran yang diadakan seminggu sekali. Seperti halnya Pemikat, Weekly Meeting juga terdiri dari dua bidang bahasa yaitu Bahasa Arab dan Inggris. Menariknya, dalam WM ini disediakan kelas-kelas yang berbeda yaitu kelas basic dan kelas intermediate. Hal ini bertujuan untuk menyesuaikan muatan pembelajaran dengan kemampuan para anggota LPB yang mungkin berbeda antara anggota satu dengan yang lainnya. Nah, berikut jadwal Weekly Meetingnya. Yuk, catat jangan sampai ketinggalan!

Jadwal Pelaksanaan Weekly Meeting

Language Gathering (LG)

    Language Gathering merupakan program baru yang ada di LPB. LG memfasillitasi anggota untuk mempersiapkan diri mengikuti tes kebahasaan seperti TOEFA dan TOAFL. Dalam LG ini juga terdapat Delegation Club, yaitu club atau kumpulan anggota yang akan dijadikan delegasi dan diberikan bimbingan khusus untuk mengikuti lomba-lomba kebahasaan. Selain itu, masih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang ada di LG ini, bagi kalian yang penasaran langsung saja ikuti LG yang akan dilaksanakan setiap hari Jum’at pukul 15.00 sampai dengan selesai.

Kegiatan-kegiatan di Language Gathering

    Nah, itulah kegiatan rutinan LPB yang sebentar lagi akan dilaksanakan. Ini merupakan kesempatan baik yang sangat disayangkan jika tidak diikuti, karena kegiatan ini dilaksanakan secara gratis untuk seluruh anggota LPB. Oleh karena itu, teman-teman LPB yang ingin mengembangkan kemampuan kebahasaannya jangan sampai ketinggalan ya, sampai jumpa di kegiatan nanti.

Salam Bahasa.

Penulis & editor: Sulis Yutrisna (Departemen Kominfo)

  

Post a Comment

0 Comments