Student Exchange Experience: #2 Universiti Putra Malaysia by Nadiyah Safira Izzati

Dokumen Pribadi Nadiyah

    Student Exchange menjadi alternatif para mahasiswa untuk dapat bisa mengexplore keilmuwan dan pengalamannya di kampus luar Negri. Terdapat banyak kesempatan yang dapat kita dapatkan dalam student exchange. Nah kini kita sampaikan salah satu pengalaman dari delegasi Student Exchange dari Indonesia-Malaysia, bersama Nadiyah Safira Izzati, mahasiswa sosiologi, UIN Bandung.

Dokumen Pribadi Nadiyah

    Kali ini ia bercerita tentang pengalamannya mengikuti student exchange. Mulai dari persiapan pendaftaran student exchange, sampai ia dinyatakan lolos dan akhirnya dapat menjadi salah satu delegasi Student Exchange yang diadakan oleh Kampus UIN Sunan Gunung Djati, Bandung. Ia mengatakan, persiapannya yang pertama adalah mengenal informasi mengenai syarat pendaftaran student exchange yang diselenggarakan oleh Global Partnership Association, lalu persiapan selanjutnya mengikuti tahapan-tahapan seleksi dan mencari tau isu-isu terbaru dan terupdate untuk dijadikan bahan menulis essay setelah lolos dari tahap administrasi.
    Dan ketika semua proses pendaftaran terlewati, tibalah pengumuman kelulusan mahasiswa yang terpilih. Begitu diumumkan, ia sangat senang,terharu dan bahagia. Ia juga sangat bersyukur, katanya “Alhamdulillah berkat doa restu dari orang tua niat baik saya dikabulkan Allah SWT”.

Dokumen Pribadi Nadiyah

    Setelah itu, ia kemudian mempersiapkan diri untuk segala keperlukan yang akan ia laksanakan disana. Program dilaksanakan selama 2 minggu, yaitu kegiatan perkuliahan di kampus Universiti Putra Malaysia dan kegiatan di luar kampus untuk melihat dan mengetahui tempat-tempat bersejarah di Malaysia.
    Kegiatan pembelajaran hampir sama dengan di Indonesia yaitu materi yang disampaikan oleh dosen, namun yang berbeda adalah vibes yang dirasakan karena mahasiswa disana multi-etnis dari negara yang berbeda-beda.  Kami menerima materi dari dosen, lalu berdiskusi sesuai dengan mata kuliah yang diajarkan seperti human development, child and family advocacy, Theories of Developmental Psychology dan beberapa mata kuliah lainnya yang ada di Fakulti Ekologi Manusia. Dan salah satu hal yang patut kita tiru adalah budaya displin dan tepat waktu.

Dokumen Pribadi Nadiyah

Pengalaman menarik  bisa mendatangi tempat bersejarah di Malaysia yaitu kawasan Malacca yang termasuk dalam World Herritage, karena bangunan nya yang unik dan menyimpan nilai sejarah yang banyak. Selain itu yang tidak terlupakan adalah bisa mengikuti kegiatan perkuliahan di universiti putra malaysia dengan peringkat ke-3 di Malaysia dan emiliki luas 3000 ha.

Ia menyampaikan hal-hal yang ia dapatkan selama Student Exchange ini diantaranya, adalah:
  •  Bisa tukar kebudayaan malaysia dan indonesia 
  • Ilmu pengetahuan dan materi yang baru setelah belajar di Universiti Putra Malaysia.
  • Relasi dengan teman dari berbagai negara.
  • Lebih percaya diri dalam mengasah skill kebahasaan dalam proses berkomunikasi.
  • Explore malaysia ( Tourism Place)
Adapun itu, ada beberapa tips yang ia sampaikan kepada kita semua, terlepas berbagai alur pendaftaran yang akan kita jalani, kita juga harus memiliki:
  • Niat yang kuat (Niat harus lurus dan yakin)
  • Positive thinking ( Jangan down dulu sebelum mencoba).
  • Pahami diri sendiri ( ketahui potensi yang bisa jadi kelebihan dan ketahui kekurangan untuk bisa di asah dan perbaiki kembali.
  • Meminta restu orang tua ( minta doa restu orang tua dan pasrah serta tawakal kepada Allah SWT)
  • Semangat dan Sigap ( Cari informasi mengenai rangkaian seleksinya jangan sampai miss tentang poin-poin dalam persyaratan pendaftaran student exchange)

Penulis: Neng Vivie Nurfauziah

Post a Comment

1 Comments