LANGUAGE AND LEADERSHIP TRAINING (2LT)




Assalamu'alaikum..
Alhamdullilah, Kemarin LPB mengadakan kegiatan Language And Leadership Training (2LT), atau biasa disebut PKK (Pelatihan Kepemimpinan dan Kebahasaan), PKK merupakan program tahunan yang diadakan oleh Departemen 2 yaitu Departemen PAO. Gimana masi penasaran?? Oke Berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu PKK J

PENDAHULUAN

1.        Latar belakang
Kepemimpinan merupakan proses mempengaruhi atau memberi contoh oleh pemimpin kepada pengikutnya dalam upaya mencapai tujuan. Didalam kepemimpinan terdapat beberapa unsur yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin diantaranya adalah kebijaksan, keberanian, adil serta bertanggung jawab. Apabila seorang pemimpin tidak memiliki unsur tersebut, maka mustahil dia dapat menjadi pemimpin yang baik. Untuk itu pelatihan kepemimpinan harus dilakukan agar terciptanya generasi penerus bangsa yang bijaksana, adil dan tanggung jawab.
2.        Dasar pemikiran
Mahasiswa merupakan generasi penerus pembangunan bangsa yang akan memegang tongkat estafet dari generasi tua untuk memimpin di masa yang akan datang. Seperti halnya dengan sebuah organisasi yang mempunyai masa kerja dalam kepemimpinannya. Menjelang  masa kerja yang akan berakhir, maka dibutuhkan seorang generasi atau kader-kader penerus. UKM Lembaga Pembinaan Bahasa (LPB) mempunyai sebuah acara yang disebut dengan Pelatihan Kepemimpianan dan Kebahasaan (PKK) yang mempunyai tujuan untuk memberikan bekal kepada para anggota LPB sebelum menjadi pengurus dalam organisasi ini, yang kemudian menanamkan rasa kepemimpinan khususnya kepada anggota dalam organisasi LPB ini.
 Sehubungan dengan hal tersebut kami sebagai pengurus yang tergabung dalam UKM Lembaga Pembinaan Bahasa (LPB) akan memberikan suatu Pelatihan Kepemimpinan dan Kebahasaan (PKK) agar diperoleh seorang generasi penerus yang tanggap dan mampu berinteraksi dengan masyarakat.

3.        Tujuan
a.       Melatih mahasiswa untuk Meningkatkan dan mengembangkan serta memperluas wawasan dalam tugas-tugas kepemimpinan.
b.      Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan  kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa.
c.       Menumbuhkan, meningkatkan dan memantapkan  kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara khususnya generasi muda sebagai penerus perjuangan bangsa.

L2T ini diselenggarakan dua hari pada tanggal 4-5 April 2015, pada hari pertama diselenggarakan di gedung Student Center (SC) Meeting Room lantai 1 dan hari kedua dilaksanakan di Bukit Unggul Ujung Berung Bandung.
Berikut ini adalah kegiatan acara nya :
  1. Hari Pertama

Pada hari pertama peserta disuguhkan mengenai materi-materi yang terkait dengan keorganisasian di LPB yang mana nanti akan berguna kelak bagi para peserta, pada hari pertama ini peserta terlihat antusias sekali dan pematerinya pun keren-keren loh.
Pemateri pertama mengenai Kepemimpinan dengan pematerinya yaitu oleh mantan ketua umum LPB dahulu, yaitu Kang Ade Ali. Lalu setelah itu dilanjutkan mengeai materi kedua tentang bagaimana pembuatan surat menyurat lalu materi terakhir tentang Proposal, nah disini peserta diasah kemampuannya untuk pembuatan proposal yang mana biasanya, pembuatan proposal ini sangat berguna untuk pengajuan dana pada saat kita mengadakan kegiatan. lalu setelah itu proposal yang mereka buat dipresentasikan kepada pimpinan perusahaan seolah-olah mereka sedang berkomunikasi langsung dengan perusahaan yang mereka ajukan tersebut.
  1. Hari Kedua

Setelah jenuh seharian pada hari pertama mendengarkan materi-materi, saatnya pada hari kedua kita pergi ke Bukit Unggul untuk outbound dan pengaplikasian mengenai hasil dari teori kemarin. Nah,, Disini peserta dibagi menjadi beberapa kelompok lalu berpetualangan ke setiap pos yang mana pos ini terbagi menjadi 4 pos dan disetiap pos ini ada games nya juga loh, ini penjelasan di setiap pos ..

·         Pada pos pertama ini adalah pengenalan dan penjelasan mengenai tugas  pengurus departmen 1 (menjelaskan mengenai kebahasaan) dan departmen 2 (pengembangan Aparatur Orgnisasi atau biasa disebut PAO).
·         Pada pos kedua adalah pengenalan dan penjelasan mengenai jobdesk pengurus departmen 3 (menjelaskan tentang Komunikasi dan Informasi) dan departmen 4 (Menjelaskan tentang inventaris di LPB).
·         Pada pos ketiga adalah pengenalan dan penjelasan mengenai jobdesk eks offiicio yaitu Ketua Umum, Sekretaris dan Bendahara LPB.
·         Pada pos keempat adalah pengenalan dari para alumni LPB terdahulu.
Setelah selesai pos-posan tibalah saatnya untuk peserta yang berkreasi dan diasah otak nya dalam kebahasaannya, tiap kelompok diwajibkan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini kegiatannya meliputi pidato bahasa inggris dan cerdas cermat antar kelompok. Pokonya dijamin seruu dehh J

 
Alhamdullilah acara telah usai, dan peserta terbaik PKK 2015 adalah Agus Rizal. Hahaha


Post a Comment

0 Comments